Hai traveler , pernah dengar gak ada pertanyaan begini Gimana sih cara pembatalan tiket yang sudah saya beli di traveloka ?
Jawabannya adalah kamu dapat melakukan pembatalan tiket dengan menghubungi call center maskapai yang bersangkutan dan kemudian mengisi formulir refund elektronik. Semua proses refund harus dilakukan melalui Traveloka. Untuk keterangan detail no. telepon maskapai & Prosedur Refund silakan lihat halaman Prosedur Refund.
http://docentrust.com/ini-kisahnyata-aku-book-traveloka-penting-masuk-gan-bukan-penipu/
Perlu untuk diketahui oleh tiap pengguna
jasa pesawat udara tentang cara membatalkan tiket. Hampir tiap orang
mengalami adanya perubahan jadwal yang mengakibatkan harus membatalkan
tiket atau mengubah jadwal berangkat hari-hari berikutnya atau hari-hari
sebelumnya. Sebelum kita masuk dalam pembahasan cara membatalkan tiket,
ada baiknya diutarakan dulu kenapa ada pembatalan. Pembatalan tiket
pesawat disebabkan oleh dua sumber yaitu dari penumpang pesawat itu
sendiri dan dari pihak maskapai.
Pembatalan dari penumpang dilatar
belakangi oleh banyak hal, antara lain karena perubahan jadwal urusan,
baik waktunya maju atau mundur beberapa hari. Terkadang masalah ini
terjadi jika penumpang membeli tiket beberapa bulan sebelum
keberangkatan pesawat. Dan terkadang juga perubahan terjadi karena ada
kondisi yang mendadak dialami penumpang, meskipun dia baru membeli tiket
pesawat 2 atau 3 hari sebelumnya. Akibat pembatalan ini tiket pesawat
bisa jadi dianggap hangus atau pengembalian uangnya terpotong
sebagiannya.
Pembatalan penerbangan dari pihak
maskapai disebabkan banyak hal juga, antara lain perubahan operasional
maskapai, masalah teknis, masalah cuaca. Pihak maskapai akan
memberitahukannya kepada penumpang melalui sms ke telepon selular atau
email. Penumpang diberikan solusi dari pembatalan ini, apakah ingin
kembali uang tiket, atau dialihkan ke jadwal penerbangan lain.
Istilah yang lazim terkait pembatalan
tiket adalah refund dan reschedule. Refund maksudnya tiket dibatalkan,
sedangkan reschedule maksudnya jadwal penerbangan dialihkan waktunya.
Jika penumpang membeli tiket melalui website maskapai maka
refund/reschedule dapat dilakukan langsung ke konter penjualan tiket di
bandara atau kantor maskapai di luar bandara. Pembatalan juga dapat
dilakukan melalui telepon atau menghubungi call center maskapai yang
biasanya berada di Jakarta. Jika tiket pesawat dibeli melalui agen tiket
maka urusannya cukup ke agen tiket yang bersangkutan. Nanti agen tiket
pesawat ini yang akan berurusan ke pihak maskapai.
Refund tiket yang disebabkan oleh pihak
maskapai maka pengembalian uang 100% sesuai nilai yang anda beli. Namun
pengembalian tersebut biasanya memiliki tempo antara 1 – 2 bulan
kemudian. Pengalaman kami refund tiket tidak lebih dari 1 bulan. Jika
refund disebabkan dari penumpang sendiri maka pengembalian uang tiket
biasanya sekitar 50%, tergantung berapa jam sebelum hari keberangkatan.
Waktu yang aman agar tiket tidak dianggap hangus adalah 48 jam sebelum
keberangkatan.
Demikian juga dengan reschedule tiket,
anda akan dikenakan biaya administrasi. Namun terkadang penumpang yang
melakukan reschedule sedikit saja menambah biaya karena suasana low
season. Jika suasana penerbangan pada peak season, anda harus menambah
biaya yang besar bahkan setara dengan membeli tiket baru.
Refund/reschedule tiket juga bisa
dipengaruhi oleh klas tiket. Semakin tinggi klas tiket (klas bisnis)
maka semakin mudah urusannya. Berbeda dengan klas tiket di bawahnya.
Bahkan tiket jenis promo tidak bisa dibatalkan dan diubah jadwal.
Artinya jika tidak jadi berangkat sama saja tiket hangus.
No comments:
Post a Comment